Aneka makanan indonesia yang disukai orang luar negeri



Sebagai masyarakat asli Indonesia kita tentu harus bangga dengan segala kelebihan yang dimiliki. Kita mempunyai keragaman budaya serta kekayaan alam yang bisa dibilang tergolong unik dibandingkan negara lain. Tak hanya itu, Indonesia juga terkenal dengan kulinernya yang super enak. Ada banyak makanan khas indonesia yang jadi favorit orang dari negara lain. Hmm... apa saja ya? Yuk simak dibawah ini!

1. Sate

ulinulin.com

Ada banyak sekali jenis sate di Indonesia, salah satu yang sangat terkenal adalah sate ayam. Wajar jika makanan ini sangat mudah dijumpai di mana pun kamu berada di negeri ini. Tapi, ternyata tidak saja di Indonesia sate terkenal. Di Jepang, tepatnya di Kota Beppu di Pulau Kyushu, seorang warga negara Indonesia mendirikan restoran yang menjual sate ayam. Tak disangka, menu ini laris, tidak saja oleh orang Indonesia tapi juga warga Jepang.

Aneka kuliner khas Indonesia ini tidak bakalan tenar di luar negeri jika tidak memiliki cita rasa yang lezat. Dan cita rasa lezat ini hanya bisa dihasilkan oleh juru masak yang andal didukung bumbu rempah yang lengkap dimiliki Indonesia.

Popularitas makanan Indonesia ini benar-benar #BikinKerenIndonesia. Selain kuliner, ada beragam kekhasan Indonesia lain yang membanggakan.

2.  Bakso

id.dealhouse.co

Dengan tambahan sambal dan saus, kenikmatan semangkuk bakso adalah hal yang tidak bisa di dustakan. Bahkan karena keenakannya, seorang Barack Obama pun sampai tergila-gila dengan makanan satu ini. Ketika beliau berkunjung ke Indonesia tahun 2010 silam, mantan presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono menjamu Obama dengan makanan favoritnya itu. 

3. Nasi Goreng 

Nasi goreng sederhana sedap makan instagram

Ketika berkunjung ke Indonesia pada tahun 2013 lalu, Lee Min Ho mengakui kalau dirinya sangat menyukai nasi goreng. Bahkan pria bertubuh tinggi itu mampu menghabiskan tiga piring nasi goreng favoritnya. Kegemaran Lee Min Ho akan nasi goreng bisa dimaklumi, sih. Rasa nasi goreng yang gurih berpadu dengan rasa manis dari kecap memang mampu membuat lidah tiap orang bergoyang. 

4. Gado-gado


goodfood.com.au

Makanan khas Jawa yang bisa disebut sebagai "saladnya" Indonesia ini cukup terkenal di luar negeri, terutama di Napoli, Italia. Hal ini dikarenakan gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari negara-negara lainnya dan meraih juara pertama. Terhitung dari nilai estetika yang dimiliki, keunikan bahan yang digunakan, serta cita rasa yang dinilai sangat tinggi.

5. Sop buntut

epicurious.com

Sop buntut sapi, selain digemari masyarakat Indonesia, ternyata juga disukai penduduk Spanyol. Mereka menyukai makanan ini sejak pertama kali kedutaan Indonesia di Italia mengenalkan keanekaragaman makanan khas kita. Kesukaan rakyat Spanyol akan hidangan sapi pun terpuaskan dengan adanya sop buntut ini.

6Rendang

seriouseats.com

Selain disukai masyarakat Indonesia, makanan khas Sumatera Barat ini juga tersohor hingga seluruh penjuru dunia. Rendang berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu. Rasanya yang khas dan keempukan dagingnya menjadi faktor penentu utama.

7. Mie goreng

foodandwine.com

Pasangan nasi goreng ini bisa kamu temukan di mana-mana. Variasi bumbu dan bahan membuat lezatnya mie goreng khas Indonesia tak tertandingi.

8.  Gudeg

flickr.com/irenewong

Makanan khas Yogyakarta ini telah menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan di kalangan internasional. Pasalnya, banyak negara yang ingin mengimpornya dalam bentuk kalengan. Menariknya lagi, di Melbourne, Australia, terdapat satu restoran yang telah menyajikan gudeg asli dari Indonesia, tepatnya di Clayton Road.

9. Soto

flickr.com/stijnnieuwendijk

Indonesia memiliki banyak varian soto yang tersebar di berbagai wilayah, antara lain soto Betawi, coto Makassar, soto ayam, soto sapi, dan soto babat. Keunikan setiap rempah dan ciri khas masing-masing inilah yang membuat soto menjadi salah satu makanan ternama di dunia. Masyarakat Ibaraki, Jepang, pun telah terbiasa dengan cita rasa yang telah diperkenalkan beberapa pelajar Indonesia yang ada di sana.

Wah, bangganya kuliner Indonesia semakin mendunia ya. Kalau kamu sendiri paling suka yang mana nih?

10. Tempe.

makanan indonesia favorit Istimewa

Hampir tak ada orang yang nggak kenal jenis makanan dari kedelai ini. Tempe merupakan makanan yang bisa dinikmati dalam berbagai varian menu, dari digoreng untuk lauk sampai dibuat sayur. Tempe juga jadi primadona di Inggris. Seorang warga Inggris, William Mitchell, jatuh cinta pada tempe saat datang ke Indonesia tahun 1995. Dia kemudian belajar tentang cara pembuatan tempe dan akhirnya membuka usaha kuliner tempe di Inggris. Usahanya ini pun laris.